Laman

Jumat, 12 November 2010

Tujuh Mujizat Dalam Injil Yohanes

Tujuh Mujizat Dalam Injil Yohanes

Ada banyak mujizat yang tercatat dalam Alkitab
Hari ini kita akan melihat bagaimana rasul Yohanes, murid kesayangan Yesus yang selalu menyandarkan kepalanya di dada Yesus mencatat. Ia berkata ada banyak mujizat yang Yesus perbuat namun jika semua itu dituliskan maka dunia ini tidak akan cukup untuk menampung akan mujizat dan tanda heran yang Yesus perbuat.
Mari kita baca ayatnya
Yohanes 20:30,31 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini, tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya. Yohanes 21:25 Masih banyak hal-hal lain lagi yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, maka agaknya dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu.
Yohanes adalah seorang rasul yang sangat dekat dengan Yesus. Biasanya kalau orang yang dekat dengan kita maka orang itu akan perhatikan dengan cermat. Segala tindak kita, segala laku kita, segala perkataan, perbuatan dan gerak-gerik kita dicatat oleh orang yang dekat dengan kita.
Nah orang yang dekat dengan Pdt Gerry Cuma 2
1. Tuhan Yesus Kristus
2. Istri
Tidak ada orang dekat lain di hati saya, tentunya orang dekat yang lain adalah anak saya atau jemaat yang saya kasihi.
Jadi saya duduk pikirin mereka, bangun pikirin mereka, ngigopun ngigo mereka. Kira-kira begitu yah.
Yesus berkata dimana hartamu disitu hatimu. Jadi kalau hartamu dunia ini, maka kau akan duduk pikirin dunia, kau mimpi-mimpi dunia, akhirnya binasa bersama dengan dunia ini.

Jadi kita lihat disini Yohanes yang dekat dengan Yesus memperhatikan dengan cermat. Dia bilang terlalu banyak mujizat yang Yesus telah perbuat, yang semuanya kalau dicatat dan dibukukan dunia tidak akan cukup, dan tidak mampu untuk mencatat segala mujizat dan tanda heran yang telah dibuat oleh Kristus.
Itu sebabnya tidak salah kalau lagu sion no ....., kasih Yesus begitu melimpah.
Sekarang pertanyaannya kepada Yohanes yang bilang, bahwa terlalu banyak mujizat yang Yesus telah buat itu, dia (Yohanes) sendiri mencatat berapa? Kan kira-kira begitu pertanyaannya.
Umpama Yohanes hadir nih di jam perbaktian sekarang ini, Yohanes bersaksi, saudara ________ menyanyi. Lalu saya akan bertanya kepada Yohanes. “Hai Yohanes, anda berkata bahwa mujizat terlalu banyak yang diperbuat oleh Yesus, dan andaikata semua mujizat itu dicatat dan dibukukan dunia ini tidak mampu untuk menampungnya. Nah kalau begitu engkau sendiri sudah catat berapa?“
Saya bolak-balik Alkitab khususnya Injil Yohanes dari pasal 1 sampai terakhir, ternyata hanya 7 mujizat yang dicatat oleh Yohanes.
Dan 7 mujizat inilah yang kita akan telusuri bersama-sama. Untuk membuktikan siapa Yesus yang engkau sembah. Siapakah Yesus yang olehnya engkau kumpul setiap hari Sabat, menyanyi bagi Dia, buka suara bagi Dia dan juga buka dompet bagi Dia. Kira-kira kan begitu. OK

Mari kita lihat mujizat itu satu persatu.
Mujizat yang pertama yang dicatat oleh Yohanes adalah
Yohanes 2, yaitu mujizat AIR BEROBAH MENJADI ANGGUR.
Kita nggak perlu baca satu persatu untuk menyusuri sekarang. Karena kalau kita baca bisa jam 12 malam baru kita selesai. Mari kita simak

Mujizat yang pertama adalah Air Berobah Menjadi Anggur.
Sebuah pesta itu biasa, Pesta di negeri Kana. Kotanya kecil, kota Kana namanya. Ada pesta kawin. Nah pesta kawin dimana-mana sama saja. Sama seperti pesta kawin di kota Surabaya, undangan diundang. Dan saya percaya yang punya pesta tidak meleset. Undangan seperti biasanya di undang, dan pasti persediaan makanan roti dan anggur cocok dengan undangan yang diundang.
Tapi entah kenapa, mungkin yang diundang ini rakus, minum lebih dari satu gelas yang ditakarkan sehingga kedapatan roti masih ada, tapi anggur sudah habis. Lalu Maria ibu Yesus ada disitu. Dia kasih isyarat kepada Yesus Kristus dan mereka berkata mereka habis anggur. Yesus berkata kepada Maria, "Hai perempuan, apakah yang kena-mengena di antara Aku dengan engkau? Saat-Ku belum sampai."Rasanya kalimat ini kurang pantas, seorang anak mengatakan kalimat ini kepada ibu. Itu kalau terjadi dalam rumah tangga kita, pasti rotan sudah bicara. Kira-kira begitu yah. Tetapi Alkitab tidak mencatat itu, hanya Maria menyuruh orang-orang yang ada di dapur untuk mengikuti apa yang Yesus katakan.

Yesus yang dapat laporan itu tidak tinggal diam. Ia komando orang-orang yang biasa menyediakan air untuk penuhkan semua tempayan dengan air. Dan kemudian diciduk, disugukan itu kepada yang punya pesta, yang punya pesta mencicipinya. “Kamu dapat anggur bagus ini dari mana? Dia bilang, orang itu yang suruh kami isi, Dan Dia yang suruh ciduk dan persembahkan kepada tuan.” Tuannya itu katakan “cepat disuguhkan kepada para tamu yang hadir, jangan terlambat, nanti anggur habis kita semua malu.” Orang yang mencicipi anggur itu berkata begini, “Oh luar biasa, biasanya orang memberikan anggur yang bagus pertama-tama, dan nomor dua dan seterusnya anggur yang kurang bagus. Tapi tuan memberikan anggur pemulaan bagus, pertengahan pesta bagus diakhir pesta lebih bagus.”
Nah Yohanes mencatat mujizat ini, untuk memperkenalkan pada saudara dan saya dan kepada siapa saja.
Jesús Christ is the Lord of the Excellency
Yesus Kristus adalah Tuhan Yang Maha Mulia

Yohanes mencatat air menjadi anggur untuk menghadirkan kepada kita sekalian pembaca Alkitab bahwa Jesus Christ is the Lord of the Excellency.
Excelency artinya nomor satu, nomor wahid, prima. Kalau seseorang bikin sesuatu sama kita, kita bilang very very excellence, nomor satu, jempol, terbaik. Nah Jesus Christ is the Lord of the Excellency. Dia berikan sesuatu kepada kita yang the best. Dia tidak kasih kepada kita potongan kain rombeng, Dia tidak kasih berkat yang sudah basi. Dia berikan berkat sampai orang katakan,”very-very excellence”
Kata orang, “Duh ilah luar biasa, sampai orang goyang kepala. Gua heran lihat orang itu, sungguh luar biasa.” Tinggal kita bilang iya dong siapa dulu bapanya.

Nah kalau orang dunia aja berkata siapa dulu dong bapanya, bapa dunia aja bisa kasih yang terbaik kepada kita, masa Bapa kita yang di Sorga tidak bisa berikan yang terbaik? Alkitab aja bilang apa? Kalau bapa didunia yang jahat aja, jika anaknya minta roti masakan beri batu, kalau anaknya minta ikan masakan beri ular, kalau anaknya minta telur masakan beri kalajengking. Bapa di dunia aja tahu memberikan pemberian yang terbaik kepada anaknya,
APAKAH LAGI BAPA MU YANG ADA DI DALAM SORGA. Jesus Christ is the Lord of the Excellency.

Dia berikan berkat yang excellence, yang nomor satu, yang serba wah, mentereng, jempol. Dia kasih bini, bini yang mentereng, bini yang nomor satu, bini yang wahid. Nomor satu tidak berarti hidungnya mancung kaya pisang ambon, kulitnya kaya gading gajah, alisnya seperti semut berbaris dipohon mangga pak lurah. Mungkin mukanya biasa-biasa saja tapi hatinya jempol, kita baca koran, baca majalah betapa banyak RT hancur, walaupun bininya cantik seperti malaikat Gibrael tetapi hatinya seperti kuntilanak. Iya kan.

Kalau Tuhan kasih sama kita Istri, istri yang excellence, Tuhan kasih sama kita suami, suami yang excellence, bukan kata menikah baru 2 bulan minta cerai. Itu bukan excellence itu mah kaleng rombeng. Bini yang excellence itu sampai mati ia setia, laki yang excellence itu sampai mati ia setia, biar bini udah gigi ompong tiga pipinya udah mengkriput, hidungnya bukan mancung keluar tapi udah mancung ke dalam, karena entah kenapa, ha, ha, ha. Faktor umur udah memakan segala sesuatu di dalamnya ia tetap berkata I love you,2X. Duh ilah kemana-mana dia bilang sayang
Jesus Christ Is the Lord of Thee Excellency

Mujizat yang kedua dicatat oleh Yohanes
Di Yohanes 4:46-54. catat saja nanti pulang di rumah baru baca iya gak, Pdt Gerry Takaria sembari khotbah berikan PR. Dan ini PR saudara baca di rumah nanti, Injil Yohanes 4:46-54 berbicara tentang Hamba Penghulu Laskar di kota Kapernaum.

Kota Kapernaum itu ada di pinggir danau Galilea. Pada zaman Yesus Kristus melayani di dunia, kota Kapernaum itu sangat terkenal. Mengapa? Ia adalah kota dimana lalu lintas utama pada zaman itu, dari Mesir menuju ke Syria, Mesir menuju ke Babilonia, Mesir menuju ke Mesopotamia, semua harus lewat kota Kapernaum. Nah di kota Kapernaum itulah orang-orang suka berhenti sejenak, beri makan rumput pada ontanya, beri rumput pada keledainya. Lepaskan lelah dan minum sejenak. Mungkin minum teh, atau minum kopi sejenak, pada saat itu tentunya belum ada coca cola dan aqua tetapi ya mungkin ada sumur disitu. Mereka tiba dan beri minum kepada orang yang sedang dalam perjalanan yang jauh.
Jadi saudara bisa bayangkan bahwa kota Kapernaum merupakan kota yang sangat ramai. Mungkin warteg ada di sana, ada cofee shop, ada bangku-bangku untuk orang duduk. Ada penghulu laskar juga duduk, ada tentara-tentara Romawi lagi dengan pedang dan tombak. Yah namanya saja kota tempat persinggahan, artinya kota untuk stop ofer, berhenti sejenak untuk melepaskan lelah. Anda bisa bayangkan di kota Kapernaum ada banyak manusia dari berbagai suku bangsa. Orang syria ada, Mesopotamia ada, babilonia ada, romawi ada, Yahudi ada, Samaria ada, Yudea ada, Galilea ada campur aduk disana.
Diantara orang sebanyak itu ada seorang yang disebut namanya Penghulu Laskar. Ia melihat Kristus muncul dan Ia mengajukan suatu permohonan. “Guru, anak hamba di rumah sakit. Tolonglah!” Yesus berkata “baik, Aku segera akan datang ke rumah.” “Gak usah, Kau tidak usah datang ke rumah.” Kenapa? Emangnya rumahnya dinding gedek. Kan Penghulu Laskar. Mana ada Penghulu Laskar yang rumahnya dinding gedek. Laskar aja rumahnya mentereng, apalagi penghulu laskar, the big boss kan pasti lebih mentereng lagi rumahnya kan. Tapi kok di bilang kau gak usah pergi ke rumah guru. “Katakan saja sepatah kata.”
Hebat saudara-saudara. Tuhan Yesus berkata “Hebat amat imanmu. Aku belum pernah melihat iman sehebat ini diantara orang Yahudi.” “Besar imanmu. Pulanglah, anakmu sudah sembuh.” Dia pulang dengan percaya. Di tengah jalan dia bertemu dengan hamba-hambanya, mereka berkata kepada dia, “Tuan anakmu sudah sembuh.” Dia tanya, “Jam berapa” lalu mereka sebutkan. Dia ingat pas tepat, itulah jam dimana Yesus berkata pulanglah anakmu sudah sembuh.
Yohanes mencatat hal ini untuk menghadirkan padamu
Jesus Christ is the Lord of Space,
Yesus Kristus adalah Tuhan atas diatas segala ruangan dan batasan
Jadi Dia Tuhan yang melebihi segala batasan. Tidak ada dinding yang membatasi kuasa Kristus, tiada tembok gereja yang membatasi kuasa Kristus, gunung dan lembah tidak bisa membatasi kuasa Yesus Kristus, because He is the Lord of the Excellency and the Lord of Space.

Tuhan atas waktu, Tuhan atas batasan. Saudaraku apa nggak hebat punya Tuhan semacam itu. Dia bisa hadir di Surabaya, Dia bisa hadir di Jakarta, Dia bisa hadir di Bandung, dia bisa hadir di Eropa, Dia bisa hadir di Amerika dan dimana-mana pada saat yang sama jikalau orang menjerit memanggil nama-Nya sebab Ia Tuhan atas batasan dan waktu. Ruangan tidak bisa membatasi kuasanya, dinding tidak bisa membatasi kuasaNya, Tembok gereja ini tidak bisa membatasi kuasa Yesus Kristus yang kusembah dan kulayani itu. Betapa bangga hatiku memiliki Tuhan seperti Yesus. The Lord of Space.
Sebab itu kau tidak perlu takut. Engkau berdoa disini mertuamu di Jakarta sembuh. Karena kuasa Tuhan melebihi segala ruangan, kuasa Tuhan melebihi lautan lembah dan gurun. Tuhan itulah yang kau layani, Tuhan itulah yang memanggil kau kemari dan Tuhan itulah yang menjawab doamu. Hal ini dilakukanNya supaya anda dan saya mantap dalam iring Tuhan. Jangan iring Tuhan dengan ragu-ragu. Doa baru tiga kali gak tembus-tembus bersungut-sungut. “Tuhan apakah Engkau masih di Sorga atau sudah pindah alamat.” Karena engkau tidak kenal bahwa Tuhan yang engkau layani itu adalah Tuhan atas batasan. Tidak ada ruangan yang membatasi kuasa Tuhan.

Suatu hari seorang anggota bertanya kepada Pdt Paul Cho Yonggi. “Pdt, mana mungkin Allah bisa dengar doa jutaan orang yang menjerit pada saat yang sama, ditempat yang berbeda, dan Tuhan hadir di antara mereka. Bukankah Alkitab berkata dimana 2 atau 3 orang berkumpul di dalam namaNya disitu Dia ada di tengah-tengah mereka. Nah kala diseribu tempat berkumpul dua atau tiga orang, mana mungkin Allah hadir pada saat yang sama. Pdt Paul berpikir waduh ini pertanyaan yang susah untuk di jawab, karena di sekolah Alkitab tidak ada pertanyaan semacam ini. Dia berdoa minta hikmat dari Tuhan, lalu ia jawab begini, “apa pernah anda jalan-jalan ke desa?” Orang itu menjawab, Oh, saya ini orang desa.” Pdt mengatakan selanjutnya, “Kalau kamu di desa kamu suka pergi ke sumur? Kalau di desa itu ada seribu sumur, Dan pada waktu tengah malam saat bulan purnama, dan seribu orang pergi ke seribu sumur, apakah dari dekat sumurmu engkau dan seribu orang lainya yang berada di dekat sumur dapat melihat bulan purnama diatas langit saat malam yang indah itu?” “Oh bisa” jawab orang itu. Di seribu sumur yang berbeda mereka bisa melihat bulan yang sama. Begitu juga kalau engkau bertanya apakah Tuhan sanggup mendengar seribu orang berdoa disaat yang sama namun dalam tempat berbeda.
Pdt Paul menjawab dengan begitu sederhana, namun orang itu mengerti. Tuhan yang kita sembah adalah The Lord of Space. Tuhan atas segala ruang dan waktu.
Kalau engkau percaya, jika ada yang sakit dari antara saudaramu, yang ditimpa musibah, yang mengalami pencobaan, mungkin orang itu jauh dari padamu. Kalau engkau percaya seperti Penghulu Laskar tadi, maka Tuhan akan dengar doamu dan menolong orang-orang yang engkau kasihi itu.
Jesus Christ is the Lord of Space.

Mujizat yang ke III
Yohanes 5:1-18 Mujizat orang Lumpuh disembuhkan
38 tahun menjadi orang lumpuh, disitu ada sebuah kolam, yang menurut cerita suatu waktu malaikat menggoncangkan airnya. Dan peraturan permainannya adalah pada saat air itu bergoncang, orang sakit pertama yang melompat, dialah yang sembuh. Yang nomor dua lompat, nomor tiga lompat, nomor ke sekian lompat, sudah tidak terjadi apa-apa. Karena The rule of the gamenya, peraturan permainannya adalah bahwa setiap orang yang sakit yang melompat pertama pada saat air itu bergoncang, orang itu disembuhkan.
Anda bisa bayangkan di dekat kolam itu semua jenis penyakit ada. Orang lumpuh ada, orang buta ada, orang tuli ada, orang timpang ada, bermacam-macam penyakit ada disitu. Hanya satu yang tidak ada yaitu orang kusta. Orang kusta tidak boleh ada diantara orang lain. Dia disingkirkan di suatu tempat. Dan kalaupun dia masuk di dalam kota dia tidak boleh berjalan di kiri jalan, dia juga tidak boleh berjalan di kanan jalan. Dia harus berjalan di tengah-tengah jalan dengan dua tangan di kepala. Sambil meneriakan kalimat seperti ini, “Unclean, Unclean, Unclean, Najis, najis, najis.” Dan setiap orang yang mendengarkan kalimat itu dia akan lari terbirit-birit. Karena takut terjangkit penyakit kusta. Jadi pasti yang tidak ada diantara orang sakit di dekat kolam itu hanya orang kusta yang tidak ada.
Dan luar biasanya Kristus hadir diantara mereka. Anehnya Ia datang kepada orang yang sakit lumpuh 38 tahun. Dia menanyakan sebuah pertanyaan, yang kita semua rindu jika pertanyaan itu di tanyakan kepada kita. “Maukah engkau sembuh?”
Orang lumpuh ditanyakan pertanyaan indah, “Maukah engaku sembuh?”
Jawab orang sakit itu kepada-Nya: “Tuhan, tidak ada orang yang menurunkan aku ke dalam kolam itu apabila airnya mulai goncang, dan sementara aku menuju ke kolam itu, orang lain sudah turun mendahului aku.” Jadi 38 tahun sudah dia lumpuh.
Lalu Yesus berkata angkat tilammu dan berjalanlah. Seketika itu juga dia angkat tempat tidurnya, dia lompat dan pulang.
Yohanes mencatat mujizat ini dalam Injil, tujuannya untuk apa? Hanya untuk membuktikan kepada kita
Jesus Christ is the Lord of Time.
Yesus Kristus adalah Tuhan atas waktu.

Saudaraku 38 tahun itu waktu, itu time. Pernahkah engkau berdoa 38 tahun? Dan tuhan nggak jawab-jawab? Ayo mau pingin tanya nih. Saudara bilang. “aduh percuma deh pak pendeta, saya berdoa, lututku sudah sampai tekope, Tuhan belum-belum juga mendengar. Sekarang saya mau tanya, “yang dimaksudkan lutut tekope itu berapa lama kau berdoa? 38 tahun?”
Contoh dalam pembangunan gereja yang kadang-kadang sudah puluhan tahun diidam-idamkan tidak jadi-jadi.
Jesus Christ is the Lord of Time.
Anda sudah pernah berdoa berapa tahun, suamimu bikin ulah di rumah tangga sudah berapa tahun. Baru 1 tahun saja engkau sudah mengeluh. Sedang orang lumpuh ini 38 tahun.
38 tahun dirobah Tuhan sebatas kalimat angkat tempat tidurmu dan berjalanlah. Coba kalau saudara pulang di rumah nanti jangan makan, jangan tidur lebih dulu. Tapi ambil jam tangan, lalu bicara angkat tempat tidurmu dan berjalanlah. Berapa menit. Satu menit ada gak, gak ada? Paling-paling Cuma 5 detik.
38 tahun berobah menjadi 5 detik. Yohanes mencatat mujizat ini untuk memperlihatkan. Bahwa Jesus Christ Is the Lord of Time. Anda gak perlu reka-reka kapan Dia mau datang. Dia tahu waktunya untuk datang. Karena Dia adalah is the Lord of Time, Dia gak perlu diatur waktunya oleh manusia. Gak perlu seorang pendeta memproklamirkan bahwa Dia akan datang bulan oktober 1981-82, gak perlu. Udah di proklamirkan lalu gak datang-datang, lalu alasannya brur kok gak datang-datang. “oh ini gerejanya belum disempurnakan.” Kenapa kurang ajar amat mau atur-atur Tuhan. Apa saudara kira, saudara atur-atur waktu kedatangn-Nya lalu Ia tunduk kepadamu? Apa saudara yang atur waktu atau Dia yang atur waktu? Hayo mau nanya nih.

Dia gak perlu diatur. Dia tahu kapan waktunya Dia mesti lahir di Betlehem, Dia tahu kapan saatnya mesti mati. Kalau saatnya mati belum tiba biar orang Yahudi sepakat mau bunuh Dia. Dia lewat dengan tenang. Tapi pada saatnya mau mati, Dia serahkan nyawa-Nya. Waktu di taman Getsemani mereka bertanya, “dimanakah Yesus Kristus orang Nazaret itu?” Dia bilang, “Akulah orangnya.” Dia gak bilang, “baru aja lewat.” Orang-orang romawi bertanya saat Yesus di taman Getsemani, Kau lihat Yesus Kristus dari Nasaret?” Yesus tidak jawab, “baru aja lewat, mungkin jangan-jangan di belakang pohon sana. Buru-buru gih.” Dia gak begitu saudaraku. Dia serahkan diriNya, Dia serahkan nyawa-Nya. Kalau saatnya tiba.
Alkitab berkata, Jika waktunya Tuhan berlaku, musuh kita pun diperdamaikan dengan kita. Kita Cuma tunggu saat Tuhan untuk rezeki kita, kita tunggu saat Tuhan untuk menolong kita. Kita tunggu saat Tuhan untuk menyelamatkan kita. Namun untuk menunggu saat Tuhan memerlukan kwalitas iman yang luar biasa.
Saudaraku Yesus Kristus adalah Tuhan atas waktu. Marilah kita yakini ini dengan sungguh. Pokoknya kita tunggu saat Tuhan. Kalau rejeki belum datang jangan bersungut. Tender belum dimenangkan, jangan bersungut. Berserah saja. Bilang “Tuhan, aku cuma tunggu saat Mu.” Kalau saatnya Tuhan tiba. Kita gak usah cari tender, tender yang cari kita. Kalau saat Tuhan tiba kita gak usah cari jodoh, jodoh cariin kita. Uber-uber kita nih cowok sampai 5. bingung milihnya. Karena lima-limanya tampan lagi rupawan. Tinggal kita hompimpa alaium gambreng. Tau-tau begitu breng dapat kribo kaya saya. Haleluya.
Pendeta GERRY TAKARIA saja bisa dapat orang jawa yang cantik. Saya mukanya serem saudara-saudara, banyak orang takut kalau pertama kali lihat muka saya, sampai sampai mertua saya bilang begini kamu pilih cowok tidak keliru, itu pendeta atau petinju. Tapi lama-lama mertua saya menyadari tidak ada duanya menantu seperti saya, yang ternyata walaupun serem tapi baik hati lagi rupawan. Hahaaaa. Luar biasa saudara.
Saya tidak takut saudara karena saya tunggu waktu Tuhan. Saudara percaya waktu Tuhan? Kapan waktu Tuhan? Jawabnya terserah di atas. Kenapa kau stres. Karena kamu tentukan waktumu sendiri. Kamu bilang sama Tuhan, “Tuhan pokoknya kalau Tuhan gak sekarang tolong saya, Tuhan tahu sendiri deh, bukan saja saya gak gereja loh, saya akan robah nama dari Petrus menjadi Dulah.” Hahaaa. Yee jangan begitu atuh... kumaha damang.
Kita mesti beriman teguh. Karena Kristus yang kita sembah adalah Tuhan atas waktu.

Mujizat yang ke 4
Yohanes 6:16-21 Lima roti dan dua ekor ikan.
Mujizat lima roti dan dua ekor ikan ini sederhana saja. Kebaktian sedang berlangsung, tidak ada kursi, tidak ada ruangan, tidak ada MC, tidak ada penyanyi, tidak ada pemain musik. Yang ada Cuma kelompok manusia yang begitu banyak, dan seorang yang pimpin acara. Orang yang pimpin acara ini sangat sederhana. Tidak ada sebentuk cincin yang melingkar dijariNya. Entah itu cincin kawin, entah itu cincin bertahtakan berlian, Pdt di TV sekarang banyak pakai cincin permata berlian. Pertanda bahwa mereka pendeta yang diberkati, sedangkan yang tidak pakai cincin itu masih kere. Pendeta bukan saja pakai cincin tapi pakai kalung, sehingga dia gak pakai jas lagi, jadi pakai safari. Apakah saya tidak bisa pakai rantai emas? Apakah saya tidak bisa pakai cincin permata berlian? Sepuluh-sepuluh bisa kuhadirkan di jari. Sampai-sampai khotbahnya sudah berubah gayanya. Biar mengkilat. Tapi saya sadar bahwa saya bukan bisnisman. Saya pendeta. Kalau mau jadi bisnisman jadilah bisnisman sekalian. Kalau mau jadi pendeta, jadi pendeta yang betul. Jangan jadi pendeta yang tanggung-tanggung. Setengah matang. (ini hanya unather story).
Tetapi pengkhotbahNya sangat sederhana. Bajunyapun tidak dibuat di taylor, karena Maria ibunya yang membuatnya. Sangat sederhana. Hamba Tuhan Yosephus mengatakan tidak ada jahitan di bajuNya. PenampilanNya sangat sedehana, sebentuk cincin tidak ada pada jari-Nya, arlojipun tidak, dasi tidak, jas tidak, hanya satu jubah yang menutupi badanNya, tetapi penuh wibawa. Tatapan mataNya penuh belas kasihan, hatiNya seperti seorang gembala yang sedang membelai domba-domba yang terhilang.
Dia berkhotbah begitu rupa, sampai orang lupa makan. Karena khotbahNya begitu panjang, dari pagi sampai sore, dan hadirin yang mendengar khotbah lupa makan. Rupanya Yesus sendiri sadar bahwa diriNya lapar. Ia berkata, “Aku kuatir mengizinkan orang banyak ini pulang, jangan-jangan mereka pingsan di tengah jalan. Jadi Kristus sendiri sadar bahwa diriNya lapar.
Dia tatap murid-muridNya dan mengatakan beri mereka makan. Thomas yang bimbang berkata, Guru jangan asbun, jangan asal bunyi. Pakai ini (otak) dong kalau ngomong. 200 Dinar di belanjakan saja tidak cukup. Alkitab berkata 1 Dinar itu 1 hari kerja. Jadi kalau 200 Dinar itu sama dengan 200 hari kerja punya gaji. Jadi kira-kira gaji 7 bulan. 7 bulan punya gaji itu, dibelanjakan saja tidak cukup.
Tapi Andreas berlari-lari, bawa 5 ketul roti dan 2 ekor ikan. Dia serahkan ke tangan Kristus. Sedikit di tangan Andreas, pindah ke tangan Kristus menjadi banyak. Sebatang tongkat di tangan Allah pindah ke tangan Musa jadi Ular. Ular di tangan Allah pindah ke tangan Musa jadi tongkat.
Di tangan kita, kita gak pinter di tangan kita. Kita gak berpendidikan tinggi di tangan kita. Tapi kalau kita serahkan kedalam tangan Tuhan. Alamak sampai orang bilang, “elu belajar dimane, hebat amat lu, lu khotbah kok pintar amat, gua kok jadi bingung lihat elo, luh belajar dimana” Lalu kita jawab Luar angkasa. Oh haleluya.
Kristus menerima 5 ketul roti dan 2 ekor ikan dari tangan Andreas, Alkitab berkata diangkatkannya. DiucapkanNya syukur, lalu dipecah-pecahkanNya. Serahkan ke tangan murid-murid, lalu murid-murid lanjutkan serahkan ke tangan orang banyak, lanjutkan terus, lanjutkan terus, terus, tidak habis-habisnya. Seperti janda di Sarfat, tepung sedikit dan minyak sedikit ditambah tuhan menjadi banyak, 5 roti dan 2 ikan tambah Kristus menjadi banyak, orang makan sampai kenyang. Bahkan ternyata ada sisa dikumpulin 12 bakul penuh. Untuk siapa 12 bakul itu? Untuk panitia. Panitia KKRnya Tuhan Yesus. Siapa itu Petrus dan teman-temanNya. Saya percaya Andreas pulang pikul satu, Thomas pikul satu, Yudas Iskariotpun pikul satu. Thomas pandang ke pada Petrus, Thomas bilang, “Piet, sering-sering aja ada KKR. Kita makan roti gratis hahaha...
Yohanes mencatat mujizat ini untuk apa? Untuk memperlihatkan
Jesus Christ is the Lord of Prosperity.
Jesus Kristus adalah Tuhan yang mencukupkan.

Pernahkah engkau iring Tuhan dan engkau kekurangan, hayo, pernah bandingkan gak. Dulu sebelum ikut Tuhan dan sesudah ikut Tuhan. Rejekinya ada berbeda gak, ada beda yah. Mau tanya yah. Dulu sewaktu sebelum ikut Tuhan duit banyak, tapi rumah tangga kacau, anak sakit-sakitan, suami suka ngaco, cari orang pintar untuk berobat, tapi gak sembuh-sembuh dan berubah. Tetapi setelah dalam Tuhan penyakit kayanya lari dari kita, ngeri sama kita, sehat waalfiat. Rejeki bertambah, damai di hati. Dulu saat belum dalam Tuhan gak pernah ada damai. Tapi sekarang setelah ikut Tuhan damai terus hati ini walaupun duit gak sebanyak seperti dulu.
Bagaimana caranya Allah mencukupi kita? Ia berkata “Ujilah Aku”
Burung di udara Dia pelihara, bunga bakung di padang, Tuhan lihat. Apalagi kamu. Yesus yang kita sembah bukan saja tahu memberikan yang terbaik bagi kita, tapi Ia juga mencukupi kita. Kau gak usah bersungut dengan apa yang ada sekarang. Jikalau kondisimu Cuma rumah kontrakkan, gak usah bersungut, tenang aja. Kau bilang, Tuhan terima kasih untuk apa yang ada. Rumah kecil begini gak apa-apa yang penting sehat waalfiat, Rumah tangga bahagia, anak-anak sekolah baik. Sama saja kok. Dulu duit di tangan banyak tapi anak sakit-sakitan. Uang cepat sekali habis. Sekarang walaupun uang pas-pasan tapi berkecukupan.
Ilustrasi kecopetan.

Allah punya seribu satu macam cara untuk mencukupi segala kebutuhan kita. Jadi kita gak usah bersungut dengan apa yang ada. Ada banyak hal yang kita gak bisa buat, tapi Allah bisa buat. Jadi karena itu mari kita tetap bersyukur kepada Allah. Karena Allah kita adalah Allah yang mencukupkan kebutuhan kita.
Ini betul saudara, yakinlah untuk hal itu. Allah akan bantu untuk mencukupi. Saudara perlu uang kontrak, saudara perlu uang untuk pabrik atau perusahaan. Serahkan sama Tuhan, jika saatnya tiba Ia akan siapkan untuk kita, kita gak usah bersungut, gak usah mengeluh dengan keadaan suami, keadaan istri. Terima apa adanya dengan ucapan syukur seperti Santo Fransiskus berdoa.
Oh Tuhan, Berikanlah aku kemampuan untuk menerima sesuatu yang aku gak bisa obah, tetapi kekuatan untuk mengobah sesuatu yang aku bisa. Dan hikmat untuk mengetahui perbedaan diantara keduanya.
Itu yang harus kita buat. Karena kita tahu bahwa Allah yang kita sembah adalah Tuhan yang mencukupi. The Lord of Prosperity

Mujizat yang ke 5
Yohanes 6:16-21 Mujizat Yesus Berjalan di atas Air
Yohanes mencatat Tuhan Yesus setelah selesai berdoa Dia mendatangi murid-muridNya, dan saat itu di atas perahu angin sakal begitu hebat. Perahu mereka maju gak bisa mundur gak bisa. Ia berjala di atas air mendatangi mereka. Murid-murid berkata, Hantu. Tapi Ia berkata hantu tidak mempunyai darah dan tidak mempunyai daging. Akulah Tuhan. Petrus berkata, kalau engkau betul Tuhan suruh aku berjalan di atas air. Petrus lompat lalu ia berjalan di atas air. Ia lihat angin dan gelombang datang ia bimbang dan mau hampir tenggelam, Kristus Tuhan tolong hamba. Kristus tangkap tangannya, naik di perahu. Yohanes catat peristiwa itu hanya untuk membuktikan
Jesus Christ is the Lord of Heaven and Earth.
Yesus Kristus adalah Tuhan atas langit dan atas bumi.

Langit dan bumi ini Tuhan punya. Itu sebabnya saya bilang gak sukar kita makan ayam, makan daging makan ikan di meja makan kita karena semua ayam di dunia ini Tuhan punya. Ayam kampung, ayam negeri, juga ayam utan. Semua Tuhan punya. Jadi kalau orang lain bisa makan di Kentucky Fried Chiken gak usah kuatir. Kau beli chikennya saja kau goreng sendiri di rumah, Kau bikin KFC di rumah sendiri. Haha.....
Gak usah kuatir. Karena Yohanes berkata Ia adalah Tuhan atas langit dan bumi. The Lord of Heaven and Earth. Apakah hebat punya Tuhan seperti itu. Kalau langit dan bumi ada dalam tangan-Nya, masa saudara aja diurus gak bisa. Langit dan bumi saja Tuhan urusin. Pernah lihat matahari terlambat terbit? Pernah gak. Saudara pernah terlambat bangun, matahari gak pernah terlambat, siapa urusin? Tuhan. Musim duren, duren ada, musim mangga mangga ada, musim ikan ikan ada musim apalagi hayo, musim lengkeng lengkeng ada, karena siapa yang ngurusin? Tuhan. Tuhan ngurusin sesuatu jempol. Masa ngurusin langit dan bumi aja bisa, ngurusin Aliong dan ling-ling gak bisa. Haha..... hayo. Masa ngurusin ucok dan butet gak bisa.

Mujizat yang ke 6
Yohanes 9:1-41 Mujizat orang buta yang sejak lahir
Suatu waktu Tuhan Yesus dan murid-murid lewat, jumpa orang buta di pinggir jalan. Sejak lahir buta. Lalu Petrus pandang ke Andreas dan bertanya Ini dosa siapa nih? Kok dia bisa buta begini. Nih pasti dosanya nih, gak dosa engkongnya, gak ipohnya, gak bapanya, gak mamanya, ini dosa opungnya nih, opungnya si ucok. Temannya bilang unang songoni dohomu, haha.... Mereka ribut nih murid-murid. Ini dosa siapa nih, gua kaga tahu dah elu tanya aja sendiri sama dia, ini dosa mamanya, dosa bapanya, dosa neneknya, dosa kakeknya, dosanya sendiri. Yang satu lagi bilang udah gak tahu dah dosa siapa. Ribut nih murid-murid nih.
Lalu Tuhan Yesus berkata kepada mereka, Apa yang engkau ributkan. Lalu Tuhan Yesus berkata, ini bukan dosa siapa-siapa, tetapi pekerjaan harus dinyatakan di dalam dia. Dia ludah ke tanah, dan tanah yang lembek itu Dia tempelkan kemata dari orang itu. Lalu Ia menyuruhnya untuk mencuci mukanya di kolam Siloam. Dan orang itupun sembuhlah.
Mujizat itu dicatat Yohanes hanya untuk memperlihatkan dan memberitahukan kepada kita
Jesus Christ is the answer of All Need. Yesus
Yesus Kristus adalah jawaban untuk semua kebutuhan.

Saudara hidup ini ada banyak pertanyaan. Hayo iring Tuhan ada banyak pertanyaan gak? Saudara punya doa gak dijawab-jawab, timbul pertanyaan gak? Ini dosa siapa yah? Kok rejeki gak datang-datang nih, dosa saya apa dosa orang tua saya, apa dosa istri saya, apa dosa turunan yah. Konsultasi, lalu orang bilang catat dulu dosa luh, bingung nih dosa gua apa lagi ye.
Kita gak usah tanya dosa siapa, sadar dosa betul, ngaku dosa perlu, tapi kita gak perlu sampai harus pikir ni dosa siapa. Iring Tuhan ada pertanyaan, ada banyak hal yang engkau tidak mengerti, kata Alkitab. Kenapa aku harus berusaha mau mengerti Allah yang Maha besar dengan pikiranku yang kecil. Kenapa harus menjangkau Allah yang begitu besar, hanya dengan jangkauan tanganku yang pendek. Aku hanya perlu mengerti Allah dengan tangan iman, imanlah yang membuat aku mengahadap Allah. Berangkat dari kota Surabaya menuju langit ke tiga, ke tahta Allah dan melihat wibawaNya, melihat kuasaNya, Apa kita mesti ragu? Ada banyak pertanyaan. Saya mau tanya saudara, apa saudara bisa menjawab pertanyaan kenapa orang yang saudara cintai dan masih butuhkan harus meninggalkan saudara lebih dulu? Hayo, Ada yang bisa jawab? Kita tidak akan bisa memecahkan misteri kematian mereka. The big Question Mark, pertanyaan yang besar. Saya uga tanya ada banyak orang tua gak mati-mati.

Satu kali telepon dikantor gereja berdering, halo apa ini kantor gerejanya pak Gerry? Betul. Bisa bicara dengan pendeta Gerry? Saya sendiri. Dari mana nih ya. Aduh pak kami ini anggota gereja bapa, tolonglah pak datang berdoa buat mama. Sakit apa? Gak begini pak, mama ini udah tua gak mati-mati, tolonglah berdoa supaya mati, ya ampun hahaha....
Bayangkan ada orang yang udah tua mau mati gak mati-mati. 104 tahun umurnya. Lantas saya datang, namanya juga pendeta di panggil masa gak mau datang. Cuma saya pikir-pikir sepanjang jalan di mobil menuju rumahnya. Saya nanti mau doa apa ya? Karena pendeta gak pernah diminta berdoa orang untuk jadi mati. Ada juga pendeta dipanggil untuk berdoa supaya orang sembuh atau hidup. Ini orang hidup dibikin mati gak pernah ada. Kan kualat nih pendeta. Saya datang sinenek ada di tempat tidur. Umur 104 tahun tapi mukanya seger, tapi gak mau mati-mati. Lalu saya tanya, bagaimana ini urusannya? Aduh pak pendeta pokoknya ini udah susah da, Buang air kecil ditempat tidu, buang air besar di tempat tidur (siopian dan tapian). Pokoknya udah semua di tempat tidur. Terus kenapa dia? Aduh pak pendeta tolong dah, tolong dah.
Yah udah saya berdoa, doanya sederhana, “Tuhan umur panjang dalam tanganMu dan terima kasih Engkau sudah berikan kepada mama umur 104 tahun, FirmanMu telah digenapi dalam dirinya, tapi Tuhan kehendakMulah yang jadi. Kalau memang Tuhan mau dia sembuh dan hidup untuk kemuliaan nama Tuhan, sembuhkanlah dia, tapi kalau tidak panggilah dia pulang sekarang juga. Dalam nama Yesus hamba berdoa amin. haha.......
Saya langsung pulang. Yah namanya pekerjaan sudah selesai ngapain saya tunggu lama-lama, masa harapin supermi segala, haha... namanya tugas sudah selesai. Pendeta sekarang ma lain, besuk orang gak mau pulang-pulang, hahaha.... udah di kasih teh belum pulang juga, kopi belum pulang juga, sirop belum pulang juga, udah diajak makan siang belum pulang juga, hahahaa..... istri bingung, dia bilang sama suami, pa gimana nih, kok gak pulang-pulang? Apa kita lapor polisi hahahahah.....soalnya kenapa? Salam tempel belum ada. Duh ilah pendeta buka rahasia aja nih, hahaha. .... ini kan aku lagi cerita apa adanya gitu? Kaya gak tahu aje.
Jadi namanya tugas sudah selesai, amin yah saya langsung pulang. Pendeta gak minum dulu? Gak terima kasih ada banyak pekerjaan di kantor. Udah aye tancap gas ke kantor gereja. Satu jam kemudian telepon berdering, Kring, Terima kasih pak pendeta maknya udah dipanggil pulang sama Tuhan. Hahaha. Dalam hati saya kurang ajar juga nih si ma, mau pulang pakai di antarin pendeta, hahaha.... mau pulang ma pulang aja, pakai dianterin pendeta segala hahaha .... Ada orang tua yang gak mati-mati, harus dianterin pendeta baru dia mati. Tapi orang muda yang masih di butuhkan tenaganya kok mati. Kita bertanya Tuhan kenapa Engkau panggil dia lebih dulu? Bukankah kami masih membutuhkannya, bukankah pekabaran injil membutuhkan orang seperti dia. Kenapa Kau gak panggil yang tua-tua pulang, tapi kau panggil yang muda, pertanyaanku dan pertanyaan anda belum terjawab. Apa anda bisa jawab pertanyaan ini.

Iring Tuhan bukan gak ada pertanyaan loh. Anakmu mati aja kau nangis, Dosa siapa ya Tuhan huhuhu. Dosa siapa, apa ini dosa turunan. Apa saudara gak bertanya? Alkitab bilang ada banyak pertanyaan. Di Perjanjian Lama sering ada pertanyaan, apa untungnya beribadah kepada Tuhan lihat orang dunia yang tidak kenal Tuhan diberkati. Lihat orang kafir punya rumah baru, mobil baru. Gua iring Tuhan kere terus. Malah bangkrut ditipu orang, chek kosong. Dulu waktu belum bertobat chek gak pernah kosong. Kalaupun ada jarang. Sekarang sudah sungguh-sungguh katanya bayar perpuluhan, udah bayar perpuluhan kere juga. Dimanakah gerangan kuasaMu Tuhan? The Big Question Mark? Sobatku Murid-murid tanya ini dosa siapa Tuhan? Dosa diakah, dosa enyaknya kah, dosa babenyakah, dosa siapa Tuhan? Yesus sembuhkan dia dengan pernyataan Allah hendak dimuliakan melaluinya. Mujizat ini dicatat oleh Yohanes untuk hadirkan
Jesus Christ is the Lord Answering of All Need.
Yesus Kristus adalah jawaban untuk semua kebutuhan.

Saudara ingat lagu yang dinyanyikan oleh negro Amerika yang bernama Andre Kraus lagu yang berjudul Jesus is the answer of the world today. Yesuslah jawaban bagi dunia lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Indonesia Oleh trio Agape, Ade Manuhutu, Melky Guslow dan Yonas Souisa.
Jesus is the answer for the world today.
Anda punya pertanyaan janga lari ke dukun, jangan lari ke dokter, jangan lari ke psycologmu, jangan lari ke emak, jangan lari ke bapa, jangan lari ke siapa-siapa. Lari kepada Kristus. Ia berkata, “Masuk dikamarmu, kunci pintu, biar jangan ada orang yang lihat engkau, biar Bapa yang di Surga yang tidak kelihatan yang lihat kau. Dan Dia akan jawab sesuai dengan rahmat dan anugrahNya Jesus is the answer for the world

Yang terakhir
Yohanes 11:1-48 Cerita tentang Lazarus yang bangkit dari antara orang mati.
Setelah ini tidak ada lagi mujizat yang lain. Kita semua tahu cerita ini. Lazarus sudah busuk 4 hari dalam kuburan, Yesus datang ke Betania dan berkata buka batu itu. Lalu Ia berteriak. Lazarus Keluar! Ia keluar dengan tangan dan kaki yang masih terikat. Ia berkata lepaskan dia. Lalu berjalanlah Lazarus.
Mujizat ini dicatat oleh Yohanes hanya untuk memperlihatkan
Jesus Christ is the Lord of the Living and the Death.
Yesus Kristus Tuhan atas orang hidup dan Tuhan atas orang mati.

Satu kali kelak Dia akan datang menjadi Raja bagi orang benar yang masih hidup dan yang sudah mati. Sebab itu mati atau hidup kita asal dalam Tuhan, kita aman dan sentosa. Oh betapa beruntung kita punya Allah seperti Yesus. Kalau kau belum sungguh-sungguh dalam Tuhan, tantanganku pagi ini, jangan berlambat datang padaNya, kalau kau belum dibatis jangan berlambat, apalagi yang engkau harus tunggu? Apalagi yang engaku cari Kristus menantimu hari ini Roh kudus ada di tengah-tengah kita. Relakan Dia mengahadirkan Kristus, dengan berbagai kuasaNya.

• The Lord of the Excelency
• The Lord of Space
• The Lord of Time
• The Lord of Prosperity
• The Lord of Heaven and Earth
• The Lord of the Answer to all Need
• The Lord of Living and Death

Dan Dia ada disini untuk memberkati saudara, Mari kita berdiri dan berdoa.

AMIEN

Tidak ada komentar: